Berita SMK Al-Irsyad

Blog Images

SMK Al-Irsyad Tekankan Pentingnya Kejujuran Kepada Siswanya Saat Hadapi Ulangan

  • Admin
  • 24 August 2023
  • 152

Tegal – Fenomena mencontek bagi pelajar, mahasiswa atau siapa pun yang tengah menghadapi ujian atau ulangan, sepertinya selalu menjadi perhatian yang serius bagi penyelenggara ujian, baik sekolah formal, perguruan tinggi maupun instansi atau perusahaan yang menerapkan tes bagi calon karyawannya. Hal ini menjadi sesuatu yang penting, karena perbuatan mencontek adalah termasuk kategori kecurangan, pembohongan, dan penipuan, sedangkan lembaga pendidikan pada umumnya diselenggarakan salah satunya bertujuan untuk melahirkan para lulusannya memiliki karakter jujur, bertanggung jawab, mandiri dan lainnya. Begitu pun perusahaan, menghendaki para calon karyawannya direkrut dari orang-orang yang disamping memiliki kompetensi yang diperlukan, juga memiliki karekter jujur. Oleh karena itu, bagi penyelenggara ujian, memperketat penjagaan atau pengawasan saat ujian berlangsung menjadi satu-satunya pilihan.

Begitu juga yang diterapkan oleh SMK Al-Irsyad Tegal, sekolah kejuruan yang memiliki jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Akuntansi Lembaga Keuangan (AKL) ini, setiap diselenggarakan ujian, baik ulangan harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) maupun Ujian Sekolah (US) selalu menekankan peserta didiknya untuk berlaku jujur alias tidak mencontek saat ujian berlangsung.

Para peserta didik, satu hari sebelum pelaksanaan ujian, terlebih dahulu dikumpulkan di masjid sekolah, kemudian diberikan pembinaan dari Pembina Agamanya tentang pentingnya kejujuran dalam setiap tindakan, termasuk di saat sedang mengerjakan ujian. Kejujuran, ujar ustadz Hilmy Yahya Lc, sambil mengutip sabda Rasul, akan mengantarkan/membawa pelakunya kepada kebaikan dan kebaikan mengantarkan kepada surga. Sedangkan kebohongan, lanjutnya, akan menggiring kepada keburukan, dan keburukan akan menggiring kepada neraka.

“Hendaknya kalian berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan Jauhilah kebohongan, sebab kebohongan menggiring kepada keburukan, dan keburukan akan menggiring kepada Neraka.” Tegas Alumni Al-Azhar, Kairo ini mengutip sebuah hadis.

Pentingnya kejujuran juga diterapkan saat berlangsungnya ujian, di mana guru yang menjadi pengawas tidak saja bertugas membagi naskah soal kemudian mengumpulkan kembali naskahnya, namun seorang pengawas betul-betul mengawasi peserta didiknya agar tidak melakukan tindakan kecurangan alias menyontek, bahkan salah satu tata tertibnya disebutkan  bahwa apabila peserta didik kedapatan mencontek, baik meminta jawaban atau memberikan jawaban kepada temannya, maka pengawas tidak segan-segan untuk mengeluarkan peserta didik tersebut dari ruangan ujian.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS 2) Tahun Pelajaran 2022/2023 berlangsung mulai 27 Februari dan berakhir 06 Maret 2023. (As)