Berita SMK Al-Irsyad

Blog Images

Siswa SMK Al-Irsyad Tegal Sabet Perunggu di Kejuaraan Panahan Se-Jawa Bali

  • Admin
  • 24 August 2023
  • 291

Tegal – Siswa SMK Al-Irsyad Tegal, Muhammad Ilyas Mubarok (X-RPL) kembali menyabet piala pada kejuaraan Panahan, setelah sebelumnya menyabet perunggu pada kejuaraan panahan DBON Provinsi Jawa Tengah 2022 yang diselenggarakan di Klaten waktu itu. Kali ini event yang diikuti oleh Ilyas ialah kejuaraan panahan KPAW Open Se-Jawa Bali, 19 Februari 2023, yang diselenggerkan di Wonogiri, Jawa Tengah. Pada perhelatan kali ini pun, Ilyas kembali hanya mendapatkan medali perunggu. Hal ini tentu tidak lepas dari kesungguhan dan kegigihan Ilyas dalam menggeluti jenis olahraga yang membutuhkan konsentrasi penuh ini, ditambah lagi dengan dukungan atau support dari orang tuanya, dan para guru di sekolahnya.

Jenis olahraga ini, jelas Nanang selaku orang tua Ilyas di saat berbincang dengan kami, adalah jenis olahraga yang memerlukan kedisiplinan dan latihan yang rutin. Jika tidak, maka akan mempengaruhi hasilnya. Satu kali saja dalam sepekan tidak latihan, lanjut Nanang, maka tarikan tangannya pada anak panah akan sangat berbeda. Ketika ditanya alasan anaknya menggeluti olahraga yang jarang diminati oleh anak seusinya, Nanang menjelaskan bahwa anaknya sudah dari sejak di bangku sekolah dasar sudah diajarkan  olahraga memanah, bahkan anak perempuannya pun, yang merupakan adik dari Ilyas memiliki hobi dan kesenangan yang sama seperti kakaknya.

Memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah di samping memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam. Ada beberapa manfaat olahraga panahan, di antaranya; meningatkan koordinasi mata dan tangan serta keseimbangan; meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari; membangun kekuatan tubuh; meningatkan kesabaran; meningkatkan fokus; membangun kepercayaan diri; merupakan olahraga social; bentuk latihan kebugaran; dan dapat dimainkan oleh semua orang.

“Selamat dan Sukses untuk Muhammad Ilyas Mubarok, Semoga tetap semangat dalam meraih prestasi baik akademik maupun non-akademiknya.”(As)